Kulit Tangan Jadi Kering Karena Cuci Tangan Terus

Gerakan mencuci tangan dengan menggunakan sabun sudah mulai dilakukan secara rutin oleh hampir seluruh masyarakat di dunia. Hal ini terkait dengan menyebarnya virus COVID-19. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun yang proper dapat menghilangkan virus / kuman yang menempel di tangan kita dan penyebaran virus pun menjadi terhenti. Apabila kita berada ditempat yang tidak mudah untuk mendapatkan air bersih, kita dapat membersihkan tangan dengan menggunakan hand sanitizer. Intinya, apabila badan kita bersih maka kuman-kuman / virus pun jauh dari kita. Sebelumnya saya pernah menulis tentang Tips Memilih Hand Sanitizer untuk Kebersihan dan kalian dapat langsung melihanya di SINI.

Kebanyakan cuci tangan, kulit tangan menjadi super kering …

Memang serba salah, kita diwajibkan untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun secara rutin tapi kulit tangan mejadi kering dan lebih tipis. Siapa yang merasakan hal ini juga? Pada awalnya saya merasa terganggu karena kulit telapak tangan saya menjadi mudah perih dan cepat merasa gatal. Dan, apabila saya menggaruknya terlalu bersemangat, kulit kita pun dengan mudahnya menjadi luka dan back to perih.

Hal ini jangan menjadikan kita untuk mengurangi kebiasaan mencuci tangan. Mencuci tangan harus tetap dilakukan karena tangan kita, terutama pada bagian telapak tangan, merupakan mediator antara makanan dan mulut kita. Hahaha itu contoh yang paling mudah. Kalau tangan kita tidak bersih dan kita memasukkan tangan kita ke dalam mulut maka bakteri pun dengan suksesnya masuk mulut kita. Selain itu, saya termasuk orang yang sering ngucek mata. Jadi, saya lebih memilih mencari solusi dibanding harus jarang cuci tangan.

Menggunakan body lotion yang tepat

Menggunakan body lotion yang sesuai dengan jenis kulit kita merupakan solusi paling jitu untuk mengurangi kekeringan di area tangan. Challenge berikutnya adalah memilih hand lotion yang tepat tidaklah mudah. Why? Karena lotion ini akan digunakan lebih sering daripada penggunaan lotion untuk seluruh badan. Kalau jenis lotion-nya tidak sesuai, maka kulit akan terasa lengket, gatal, iritasi, atau bahkan sampai meninggalkan rasa berminyak. Hal itu akan membuat kita merasa tidak nyaman.

Sesungguhnya, tidak ada patokkan atau kriteria khusus dalam memilih hand lotion dan body lotion. “Yang penting cocok dengan kulit kita”, ini menurut pendapat saya. Inilah point-point yang saya perhatikan dalam memilih body lotion.

  • Apabila kulit sudah terasa sangat kering, saya biasa menggunakan lotion yang berbasis air (water-based). Karena kandungan air bisa langsung diserap oleh kulit dan kulit akan terasa lebih segar.
  • Gunakan lotion yang diproduksi di negara tempat kita tinggal. Karena kandungan lotion biasanya menyesuaikan dengan kondisi cuaca setempat.
  • Rajinnya mengaplikasikan lotion ke kulit kita adalah yang paling penting. Hasilnya pun akan terlihat secara natural.

Body lotion yang sedang saya gunakan

Vaseline Intensive Care – Cocoa Radiant

Saat ini, kondisi kulit saya sedang normal cenderung kering. Tapi tidak terlalu kering. Sehingga, saya menggunakan body lotion dari Vaseline (Cocoa Radiant with pure cocoa butter). Jujur, ini bukan konten promosi tapi memang saya menggunakan lotion ini. Dan saya ingin cerita mengapa saya memilih lotion ini ke kalian.

Alasan saya memilih Vaseline Cocoa Radiant with pure cocoa butter

Awalnya saya memilih lotion ini karena wanginya unik, seperti kombinasi coklat dan krim. Intinya, wanginya “Rich” banget deh. Trus, pas saya olesin dikulit saya rasanya juga enak banget. Teksturnya terasa kental, lembut dan tidak menimbulkan kesan lengket. Dan, saya merasa kulit saya moisturized 1 hari penuh.

Pernah gak saya ganti lotion lain?

Sudah pasti pernah. Saya pasti menyesuaikan body lotion yang saya gunakan dengan kondisi kulit saya dan juga tempat saya berada pada saat itu. Misal, saya sedang traveling overseas dan cuacanya berbeda dengan Indonesia, sudah pasti saya menggunakan body lotion lokal karena saya percaya bahwa kandungan didalamnya pasti mengikuti kondisi alam pada saat itu. Nah, dengan pengalaman berganti-ganti body lotion, maka saya benar-benar selektif dalam memilihnya. Packaging yang bagus bukan berarti produk tersebut memiliki kualitas yang ok.

So …

Janganlah kalian mengurangi kebiasaan mencuci tangan atau menghilangkannya hanya karena kulit telapak tangan menjadi kering. Hal itu sangat wajar dan hal yang harus dilakukan adalah lebih rajin menggunakan body lotion atau hand lotion. Jadi, kita tetap terhindar dari virus dan kulit kita pun tetap terjaga kesehatannya.

Published by nikensmartini

I am just a girl who loves all beauty stuffs and traveling. And I am really addicted to a hot cappuccino.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: