Pulang … |Itinerary Melbourne Day 1

Pulang. Itu yang selalu saya katakan setiap saya melakukan perjalanan ke Melbourne, Australia. Mengapa “Pulang”? Bukannya rumah saya ada di Jakarta? Arti pulang untuk saya adalah kembali ke tempat dimana saya mendapatkan kedamaian, kesehatan, kebahagiaan dan keamanan secara natural dan otomatis. Pulang bukan hanya berarti pulang ke rumah fisik, tapi pulang ke tempat hati dapat merasakan pulang.

Sejak saya SMP, saya memang sering berpergian ke Australia untuk berlibur bersama kedua Orang Tua saya, mulai dari kota Sydney, Melbourne, Brisbane, Adelaide, Perth, Hobart dan kota-kota lainnya di Australia. Dan pada akhirnya saya melanjutkan kuliah saya di Sydney dan Melbourne. Rasa nyaman dan damai itu pun hadir dengan sendirinya, dan saya menikmati itu.

“Pulang” Setelah Pandemi

Sebagai imbas dari pandemi COVID – 19 ini, banyak penerbangan yang dibatasi dan banyak negara mengaplikasikan sistem lock down. Sehingga, perjalanan berlibur pun harus ditunda sampai kondisi kembali normal. “Sedih … ” itu yang saya rasakan karena saya berencana untuk melakukan perjalanan ke Melbourne di bulan Mei ini tapi terpaksa harus ditunda sampai kondisi penerbangan ke Australia dan Australia travel’s regulation mulai back to normal.

Kali ini, saya ingin berbagi informasi tentang itinerary perjalanan saya ke Melbourne setelah pandemi usai. Saya membuat tulisan saya dalam bentuk serial dan tulisan kali ini adalah membahas tentang Jalan-jalan di Melbourne hari pertama dengan harga budget friendly. Beberapa tips dan tempat tujuan akan saya coba informasikan di artikel saya ini. So, let’s play as a tourist !!!!

Federation Square

Ini lah tempat yang pertama kali saya kunjungi ketika sampai di kota Melbourne. Federation Square ini adalah tempat untuk kesenian, kultur dan ada beberapa acara publik yang dapat kita nikmati (biasanya for free kalau lokasi acara di outdoor). Selain itu, bagi para turis disarankan untuk mengunjungi Visitor Center yang berada di kawasan Federation Square. Saya biasa mengambil peta Melbourne sebagai guidance saya, booklet yang berisi informasi acara yang dapat kita kunjungi di Melbourne dan kita pun dapat pesan tur lokal untuk beberapa destinasi wisata.

Lokasi : Di depan Flinders Station, Melbourne CBD

Website : https://fedsquare.com/

St Paul’s Cathedral, Melbourne

Setiap saya melakukan perjalanan kemana pun, saya pasti menyempatkan diri untuk mengunjungi gereja. Saya sangat suka dengan gaya bangunan gereja klasik dan rasa adem di kawasan sekitar gereja. Jujur, pada awalnya saya tidak tahu kalau gereja ini adalah St Paul’s Cathedral. Karena saya memang suka bentuk bangunan gereja, jadi saya hanya memandangi indahnya gaya klasik gereja dari luar dan mengambil foto. Pada kunjungan saya berikutnya ke Melbourne, saya akan pergi ke Anglican cathedral ini dan menikmati kedamaian di kawasan gereja.

Lokasi : Flinders street, di sebelah Federation Square

Website : https://cathedral.org.au/

Fitzroy Gardens

Photo Doc. http://www.fitzroygardens.com/

Berlokasi di Wellington Parade, taman ini dapat di akses oleh pejalan kaki secara gratis dan memiliki banyak sekali obyek wisata yang patut di kunjungi. Dengan berjalan kaki menyusuri taman dengan luas sebesar 26 hektar, kita dapat mengunjungi :

  • Cooks’ Cottage (Dibangun pada tahun 1755 dan menjadi ikon Melbourne sejak tahun 1934. Opening hours : 9 am – 5 pm. Tiket masuk : A$ 6.90 (orang dewasa), A$ 5.20 (pelajar, pensiunan & orang tua), A$ 3.70 (anak-anak) dan A$ 19 (keluarga : 2 orang dewasa & 2 anak-anak).
  • Sinclair’s Cottage. Bangunan ini adalah contoh langka bangunan bergaya Romawi Italia. Namun, saya tidak menemukan informasi mengenai tiket masuk ke dalam cottage ini.
  • The Conservatory
  • The Fairies Tree. Ini adalah salah satu atraksi untuk anak-anak di Fitzroy Gardens. Fairies Tree Ola Cohn ini terdiri dari serangkaian ukiran yang sangat indah pada salah satu pohon Red Gum asli yang berusia lebih dari 300 tahun. Tiket masuk : Gratis.
  • Dolphin Fountain
  • Dan masih banyak lagi spot-spot menarik lainnya.

Lokasi : Wellington Parade, East Melbourne, Australia

Website : http://www.fitzroygardens.com/

Treasury Gardens

Berlokasi tepat di sebelah Fitzroy Gardens, taman dengan luasan lebih kecil dapat juga kita nikmati keindahannya. Di dalam taman yang dapat diakses secara gratis juga, kita dapat melihat John F Kennedy Memorial dan menikmati indahnya taman dengan kolam kecil ditengahnya. Biasanya, saya ke taman ini untuk duduk beristirahat. Dengan luasan yang tidak besar, rasa adem dapat saya rasakan terutama kita melewati kolam kecil itu.

Lokasi : 2-18 Spring Street. East Melbourne, Australia

Website : https://whatson.melbourne.vic.gov.au/Placestogo/ParksandGardens/AllParksandGardens/Pages/4440.aspx

St Patrick’s Cathedral

Photo Doc. https://whatson.melbourne.vic.gov.au

Kalau melihat di peta, lokasi gereja ini berdekatan dengan Fitzroy Gardens. Dengan kata lain, kita dapat sekaligus mengunjungi indahnya gereja St Patrick’s Cathedral setelah atau sebelum mengunjungi Fitzroy Gardens. Dengan bangunan yang sangat megah dengan gaya klasik, The Cathedral Church & Minor Basilica of Saint Patrick adalah gereja katedral dari Roman Catholic Archdiocese.

Lokasi : 1 Cathedral Pl, East Melbourne

Website : https://www.cam.org.au/cathedral; https://whatson.melbourne.vic.gov.au/placestogo/melbournelandmarks/historic/pages/7574.aspx

Parliament House

Photo Doc. https://www.visitvictoria.com/regions/melbourne/things-to-do/history-and-heritage/heritage-buildings/parliament-of-victoria

Parliament House adalah tempat pertemuan Parlemen Victoria yang merupakan salah satu parlemen negara bagian dan teritori Australia. Informasi ini saya dapatkan dari Wikipedia Parliament House. Dan terus terang, kalau saya kurang paham mengenai latar belakang parlemen itu. Jadi, saya akan mengunjungi Parliament House hanya untuk kebutuhan foto. Dimana bangunannya pun sangat indah, dan banyak sekali pre-wedding yang dilakukan di depan Parliament House.

Lokasi : Spring St, East Melbourne, Australia

Website : https://www.parliament.vic.gov.au/visit

Sekian untuk perjalanan hari pertama …

Saya termasuk traveler yang tidak ‘ngoyo’, alias jalan santai menikmati tempat wisata yang saya kunjungi. Pada hari pertama di Melbourne, saya akan mengunjungi 6 tempat wisata dengan estimasi waktu saya jalan jam 10 pagi dan kembali ke hotel jam 5 sore. Dengan skema seperti itu, saya akan enjoy menikmati perjalanan saya dan badan saya pun tidak terlalu capek.

Thanks for reading. Tunggu Itinerary Melbourne Hari ke 2 ya ….

Published by nikensmartini

I am just a girl who loves all beauty stuffs and traveling. And I am really addicted to a hot cappuccino.

One thought on “Pulang … |Itinerary Melbourne Day 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: