Pulang … | Itinerary Melbourne Day 2

Kembali bercerita tentang “Pulang” trip versi saya. Di artikel saya sebelumnya, saya bercerita tentang rencana saya ketika saya mendapat kesempatan untuk kembali berkunjung ke kota yang saya biasa sebut dengan istilah “Rumah”, at least that’s how I feel about this city. Artikel tersebut dapat dilihat di LINK berikut ini.

Pada artikel kali ini, saya ingin berbagi rencana perjalanan atau yang biasa disebut dengan itinerary Melbourne di hari berikutnya. Sebagai penggemar sejarah, di hari kedua ini, saya ingin mengunjungi Carlton Gardens yang masih berlokasi di daerah city. Jujur, saya belum pernah mengunjungi tempat ini selama saya tinggal di Melbourne. Saya hanya melihat foto-foto cantiknya tempat ini dari dokumentasi teman-teman saya. Dan, apa yang membuat saya benar-benar ingin untuk mengunjungi tempat ini? Karena ditempat ini ada sebuah museum yang memiliki sejarah dinosaurus didalamnya. Yes, I really love dinosaurs! Mari kita sama-sama explore apa saja yang dapat dikunjungi di Carlton Gardens ini?

Dimana sih lokasi Carlton Gardens?

Carlton Gardens (Photo Doc. What’s On Melbourne)

Carlton Gardens berlokasi di daerah city of Melbourne ya itu tepatnya di 1-111 Carlton St, Carlton VIC 3053. Kalau kalian berada di depan Parliament House di jalan Nicholson Street, kalian dapat berjalan kaki ke arah kanan, dan tidak jauh di sebelah kiri kalian sudah ada Carlton Gardens.

Carlton Gardens ini sebenarnya adalah situs atau tempat warisan dunia dengan luas 26 hektar. Di tempat ini kita dapat mengunjuni Royal Exhibition Building, Melbourne Museum dan Imax Cinema. Pastinya, masih banyak spot yang dapat kita kunjungi ketika berjalan menyusuri taman ini.

Royal Exhibition Building

Royal Exhibition Building (Photo Doc. visitmelbourne.com)

Bangunan ini termasuk bangunan yang terdaftar di warisan dunia. Jujur, saya sangat suka gaya bangunan yang dibangun pada tahun 1879 – 80 ini. Bangunan klasik ini memiliki kombinasi gaya dari Byzantine, Romanesque, Lombardic dan Italian Renaissance. Meskipun saya tidak tahu ditel untuk masing-masing gaya bangungan tersebut, saya sangat suka gaya bangunan ini secara keseluruhan. Bangunan ini dibangun dalam rangka untuk menjadi tuan rumah Melbourne International Exhibition pada tahun 1880 – 81, Centennial International Exehibition pada tahun 18888 dan formal opening dari the 1st Parliament of Australia pada tahun 1901.

Royal Exhibition Building saat ini masih digunakan untuk tempat pameran komersial dan menjadi hosting untuk beberapa events secara regular, seperti Melbourne International Flower and Garden Show. Selain itu, tempat ini digunakan juga sebagai tempat ujian untuk University of Melbourne, Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT), Melbourne High School, Nossal High School, Mac. Robertson Girls’ High School dan Suzanne Corry High School.

Dan, bukan saya namanya kalau tidak masuk ke dalam gedung yang cantik ini. Saya berniat akan ikut tour ke dalam Royal Exhibition Building untuk mendalami sejarah gedung ini dan mengetahui apa saja yang ada di dalam gedung ini. Saya berhasil mendapatkan informasi lengkapnya di situs Museums Victoria. Tour dimulai jam 2pm setiap hari di Melbourne Museum foyer. Tiket dapat dibeli di Melbourne Museum dengan harga $10 (Adult), $8 (Concession), $7 (Child/ Museum Member). Menurut saya, harganya terbilah standard untuk ukuran museum.

Melbourne Museum

Melbourne Museum (Photo Doc. visitvictoria.com)

Museum inilah yang menjadi faktor utama saya untuk berkunjung ke Carlton Gardens. Karena di dalam museum ini saya dapat mengetahui secara mengenai dinosaurus. Tapi, sesungguhnya tidak hanya itu yang saya bisa dapatkan ketika berkunjung ke Melbourne Museum ini. Saya akan eksplor lebih banyak tentang apa saja yang saya dapatkan didalam museum ini.

Terkait faktor keamanan dan kesehatan, kita dibatasi waktu berkunjung maksimal 2 jam. Dan mereka pun sangat memperhatikan kebersihan di dalam museum. Untuk pembayaran didalam museum, kalian diharapkan untuk mempersiapkan kartu kalian karena mereka sudah menerapkan sistem cashless.

Admission

Menurut saya, tiket masuk Melbourne Museum masih terbilang normal karena kita mendapatkan banyak hal yang dapat dipelajari di dalam museum ini. Kita harus book tiket secara online dan ini berlaku untuk semuanya, termasuk member.

  • Adult : $15
  • Seniors : $10
  • Child, Concession, Museum Member Adult, Museum Member Child, Museum Concession : Free

Tiket gabungan Melbourne Museum dan IMAX documentary pun tersedia di museum ticket desk atau IMAX box office.

  • Adult : $25
  • Seniors : $20
  • Child (<16 tahun) : $10
  • Concession : $10
  • Family (2 Adults & 2 Children (<16 tahun) : $70

Booking & Enquiries

Booking tiket dapat dilakukan setiap hari Senin sampai dengan Jumat jam 9.30am – 4.30pm. Nomer yang dapat kalian hubungi adalah :

  • General : 13 11 02
  • Outside Australia : +61 3 8341 7777
  • Schools and Groups : (03) 8341 7767

Apa saja yang ada di dalam Melbourne Museum?

Yang pada awalnya, saya hanya berpikir di dalam Melbourne Museum hanya terdapat museum Dinosaurus dan ternyata saya salah besar! Banyak sekali galeri yang dapat kita kunjungi didalam museum ini. Dan, saya semakin penasaran untuk eksplor lebih dalam semua sudut didalam museum ini.

Peta Melbourne Museum (Photo Doc. museumsvictoria.com.au)

Seperti yang kalian dapat lihat di peta diatas, di dalam Melbourne Museum terdapat beberapa galeri dan sections yang dapat kita kunjungi dan eksplor.

  • Mind & Body Gallery
  • Evolution Gallery
  • Forest Gallery
  • Te Pasifika Gallery
  • Melbourne Gallery
  • Pauline Gandel Children’s Gallery
  • Science and Life Gallery : Di dalam gallery ini lah saya dapat menemukan section Dinosaur Walk. Yaaaiiyyy ….. dan selain itu ada section 600 million years.
  • Activity Rooms
  • Forrest Gallery
  • North Terrace
  • Bunjilaka Aboriginal Cultural Centre
  • Te Pasifika Gallery
  • Curious
  • Road to Zero
  • Theatre
  • Touring Hall

Banyak sekali bukan yang dapat dikunjungi di Melbourne Museum ini? Dan saya berniat untuk mengunjungi satu per satu satu harian penuh.

Trus ngapain lagi di Carlton Gardens?

Setelah mengunjungi museum, saya berencana untuk menyusuri Carlton Gardens dan menikmati setiap spot yang ada. Kalau saya cek di website What’s On Melbourne, ada beberapa hal yang saya dapat nikmati ya itu circular French Fountain, formal flowerbeds, pantings in honour of the Dalai Lama, ornamental lakes dan tree-lined avenues with mature European trees. Selain itu, ada juga tennis court, children’s playgound dan Moreton Bay Fig trees dimana orang-orang Aborigin memiliki kebiasaan untuk bertemu di tempat ini.

Semakin saya tidak sabar untuk cepat dapat mengunjungi Carlton Gardens ini dan juga tempat-tempat menarik di Melbourne, Australia. Thank you for reading.

Published by nikensmartini

I am just a girl who loves all beauty stuffs and traveling. And I am really addicted to a hot cappuccino.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: