Skip to content

Tanaman Miana Layu karena Stress dan Kurang Air

Pada mulanya, tidak pernah terpikirkan oleh saya untuk merawat 1 tanaman di rumah apalagi sampai 12 tanaman. Karena, saya buka orang yang telaten untuk memahami hati masing-masing tanaman. Jadi, biasanya tanaman yang saya rawat berakhir mengenaskan, kalau tidak kering ya mati.

Tapi, moment Work from Home ini membuat saya berkeinginan untuk merawat tanaman hias di apartment mungil saya. Bukan hanya tanaman hias, tapi tanaman yang dapat membersihkan udara, menghilangkan racun dan daunnya pun dapat digunakan sebagai obat. Rasa deg-deg an pasti ada. Rasa tidak percaya diri, sudah pasti ada.

Di blog dan vlog saya kali ini, saya ingin berbagi cerita tentang suka duka saya ketika merawat 3 tanaman yang saya beli pertama kali di kawasan Bintaro, Jakarta. Agar tidak terlalu panjang, artikel saya ini akan membahas suka duka saya merawat tanaman Miana.

Miana (Coleus Atropurpureus)

Tanaman Miana ini adalah jenis tanaman semak yang tingginya bisa mencapai 1.5 meter. Saya tertarik untuk membelinya karena daun dan batangnya memiliki warna yang menarik perhatian saya, yaitu hijau, ungu dan merah. It is so eyecatching! Penjual tanaman dengan mudahnya mengatakan bahwa merawat jenis Miana ini sangat mudah, hanya dengan menyiram 2 – 3 hari sekali.

Tapi, ternyata tidak semudah itu! Di minggu pertama, tanaman Miana saya layu dan beberapa daun tampak busuk. Malah saya menemukan ada belalang daun yang memakan daun jadi bolong-bolong. Saya bingung karena saya sudah menyiram tanaman ini secara teratur. Dan pada akhirnya, beberapa daun saya potong agar tidak menularkan busuk ke daun-daun yang lain.

Tanaman Miana Ketika Layu

Begini cara merawat Miana

Setelah saya cari tahu via Youtube tentang cara merawat Miana, akhirnya saya mendapatkan beberapa hal yang langsung saya aplikasikan di Miana saya. Apa saja itu?

  • Penyiraman air cukup banyak tapi jangan sampai air menggenang di media tanam. Untuk waktu penyiraman, jangan mematok berapa kali seminggu. Akan lebih baik kalau kita mengecek langsung di media tanam dengan jari kita. Kalau media tanam masih basah/lembab, maka tidak perlu disiram. Jangan terlalu sering disiram ya, karena akan membuat batang dan akar busuk.
  • Letakkan Miana di lokasi yang terkena sinar matahari, tapi jangan direct sunlinght ya… Kalau saya biasanya 30 menit sampai dengan 1 jam di jemur matahari pagi. Sinar matahari akan membuat warna daun Miana akan lebih indah.
  • Jangan sering dipindah-pindah lokasi karena bisa membuat Miana stress. Terus terang ini aneh sih, tapi ini kejadian nyata. Awalnya, Miana saya pindah-pindahkan sesuai hati saya. Dan setiap dipindahkan, daun-daunnya menjadi layu. Akhirnya saya menemukan lokasi idaman Miana saya ini, yaitu di bagian atas rak besi dan tidak pernah saya pindah-pindahkan lagi.
  • Setiap pagi dan sore di cek daun dan batangnya. Hal ini saya lakukan setiap hari, untuk mengecek apakah daun-daunnya bebas dari jamur dan kalau pun ada jamur putih-putih biasanya langsung saya bersihkan. Dan Alhamdulillah jamur-jamur putih itu tidak keluar lagi. Selain itu, pengecekkan berlaku untuk hama dan serangga. Karena, kalau saya baca dari artikel-artikel, tanaman Miana ini relatif rentang terhadap hama dan serangga.

Mengapa merawat Miana?

Selain warnanya yang indah, ternyata Miana itu banyak sekali manfaat untuk tubuh kita.

  • Obat wasir
  • Obat bisul
  • Obat demam nifas
  • Obat radang telinga
  • Obat haid yang tidak teratur

Apakah saya masih merawat Miana?

Tanaman Miana setelah mendapatkan air yang cukup dan lokasi yang tepat

Oh tentu saja. Tanaman Miana ini adalah salah satu tanaman pembelajaran saya bahwa setiap tanaman memiliki karakter yang berbeda-beda. Dan, saat ini banyak sekali tunas-tunas dan daun-daun baru yang bermunculan.

Apakah kalian memiliki pengalaman dalam merawat Miana? Yuk cerita yuk ……

2 Comments »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: