Skip to content

Fittonia Albivenis, Tanaman yang Tidak dikenal

Fittonia Albivenis adalah jenis tanaman yang tidak dikenal oleh saya karena penjual tanamannya pun tidak tahu nama tanaman ini. Mereka hanya memberikan informasi, untuk merawat tanaman ini hanya dengan menyiramnya dengan air. Dan saya berakhir bingung tapi saya terlanjur jatuh cinta kepada Fittonia Albivenis ini, jadi saya tetap membelinya.

Fittonia Albivenis jenis tanaman apa?

Fittonia Albivenis ini adalah jenis tanaman hias di dalam keluarga Acanthaceae yang berasal dari hutan hujan Kolombia, Peru, Bolivia, Ekuador dan Brasil Utara. Jenis tanaman ini biasa disebut dengan tanaman saraf atau tanaman mosaik.

Jujur, saya jarang sekali melihat tanaman ini. Dengan daun berukuran kecil dan tumbuh menumpuk, tanaman ini menarik perhatian saya. Dan kalau daunnya sudah bertambah banyak, bentuknya menjadi seperti rambut kribo.

Ternyata tidak mudah merawat Fittonia Albivenis

Karena informasi yang saya dapatkan dari penjual tanaman hanya “Siram air tapi jangan terlalu banyak ya mbak”, jadi saya menyiram air secukupnya dengan menggunakan bottle spray. Seminggu berjalan seperti itu, dan saya melihat keanehan pada tanaman ini. Media tanam semakin hari semakin keras dan daunnya pun tiba-tiba layu meskipun setiap hari disiram air. Dan anehnya, daun-daun kecil tetap tumbuh.

Kemudian, saya menjemurnya dipagi hari dengan harapan daunnya dapat kembali segar seperti sediakala. Tapi, daunnya semakin layu atau lemas. Saya semakin bingung karena saya sudah berusaha merawatnya semampu saya.

Fittonia Albivenis

Lalu, saya berusaha mencari informasi mengenai cara merawat Fittonia Albivenis melalui Youtube. Dan inilah hasilnya.

  • Lemas dan layunya daun disebabkan karena kurangnya air. Maka, saya langsung menyiramnya dengan kuantitas yang banyak. Tidak perlu takut kebanyakan air, karena kalau media tanamnya masih basah, maka kita tidak perlu menyiramnya sampai dengan media tanam menjelang kering.
  • Jenis tanaman ini pun tidak kuat dengan cahaya matahari yang terlalu terik. Tempat yang sejuk merupakan tempat favorit Fittonia Albivenis. Sehingga, saya meletakkannya di rak tanaman yang tidak terkena matahari secara langsung dan Alhamdulillah daunnya semakin segar dan bertambah banyak.

Cara merawat Fittonia Albivenis

Selain yang disebutkan diatas, saya pun menjaga agar Fittonia Albivenis ini agar tidak stress dan tumbuh semakin sehat dan subur. Hal-hal yang saya lakukan adalah:

  • Memberikan Vitamin B1(jenis start) apabila tanaman melakukan perjalanan atau mengalami proses repotting. Pemberian Vitamin B1 ini dilakukan selama 2 sampai dengan 3 minggu.
  • Untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman, pemberian vetsin pun dilakukan setiap minggu. Saya biasa mencampur vetsin dengan air secukupnya dan menyemprot media tanam dan batang tanaman.
  • Jenis tanaman Fittonia Albivenis ini tergolong kuat dilihat dari segi mobilitas. Maksudnya, tidak ada efek yang terlihat apabila tanaman ini dipindah lokasi. Namun, saya selalu berusaha untuk tidak sering memindahkan tanaman ini untuk memberikan kenyamanan.

Apakah ada dari kalian merawat Fittonia Albivenis ini? Please share pengalaman kalian ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

<span>%d</span> bloggers like this: