Membersihkan Udara dengan Sansevieria

Mungkin dari kalian sudah banyak yang tahu kalau tanaman Sansevieria atau yang lebih dikenal dengan “Lidah Mertua” itu sangat bermanfaat apabila diletakkan didalam rumah. Tanaman ini dapat menyerap racun, mengurangi polusi, mengobati berbagai macam penyakit dan juga bentuk daunnya dapat membuat ruang tamu terlihat asri dan nyaman.

Awalnya saya takut …

Takut disini dalam arti saya kurang suka bahkan ngeri kalau harus berurusan dengan serangga, seperti kecoa, kalajengking, ulat, dan serangga lainnya. Setahu saya, tanaman yang subur dapat mendatangkan ulat yang dimana ini pertanda bagus untuk tanaman. Nah, karena itu saya memutuskan untuk meletakkan tanaman – tanaman saya dibalkon dan kalau pun ada yang dibawa masuk adalah tanaman yang ditanam dengan media air.

Namun, pelan – pelan saya membawa tanaman Sansevieria ini masuk ke dalam rumah meskipun tidak sering dan pengecekkan pot serta tanah pun dilakukan dengan teliti untuk menghindari adanya serangga.

Tanaman Sansevieria

Tanaman Lidah Mertua

Sebelumnya, mari kita mengenal tanaman yang sangat hits di dunia pertanamanan belakangan ini. Sansevieria atau lidah mertua adalah tanaman hias yang tergolong didalam tumbuhan sukulen dengan bentuk daun yang keras dan tegak. Tanaman ini biasanya diletakkan di area ruang tamu sebagai hiasan natural karena bentuknya pun sangat cantik.

Untuk merawatnya, tanaman ini tergolong mudah karena Sansevieria dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit cahaya matahari dan penyiramannya pun tidak perlu dilakukan setiap hari karena daunnya dapat menyimpan air. Kalau diletakkan di dalam rumah, tanaman ini hanya perlu diberi sinar matahari seminggu sekali.

Manfaat meletakkan Sansevieria di dalam rumah

Teman – teman mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa meletakkan tanaman didalam rumah dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk kita secara fisik dan psikis. Salah satu tanaman andalan adalah Sansevieria alias Lidah Mertua. Apa saja manfaat yang diberikan oleh tanaman yang sedang hits ini bagi tubuh kita?

  • Dapat menyerap racun dan karbondiksida, lalu melepaskan oksikgen pada malam hari.
  • Membantu membersihkan serta memproduksi udara diruangan menjadi lebih segar dan juga memperlancar sirkulasi udara.
  • Membuat udara lebih lembab
  • Meredakan stress
  • Memberikan nuansa natural didalam ruangan karena bentuk daun seperti sukulen tegak yang memiliki kombinasi warna menarik serta ujung daun yang runcing.

Cara merawat tanaman Lidah Mertua

  • Agar tanaman lidah mertua dapat tumbuh dengan baik, memberikan sinar matahari yang cukup secara reguler sangat dibutuhkan. Apabila tanaman lidah mertua diletakan didalam ruangan, diusahakan posisinya di dekat jendela dan setiap seminggu sekali dikeluarkan untuk mendapatkan sinar matahari.
  • Penyiraman dilakukan 2 kali dalam seminggu.
  • Memberikan pupuk organik secara reguler. Pupuk jenis ini dapat terurai dalam waktu cukup lama dan ini lebih cocok untuk tanaman lidah mertua yang kurang suka kondisi lembab.
  • Membersihkan dari gulma.
  • Menggunakan media tanam yang dapat meresap air dengan cepat.
  • Selalu mengecek kondisi media tanam sebelum menyiram air. Tanaman lidah mertua dapat menyimpan air dalam waktu yang lama sehingga kalau terlalu banyak air yang disiram dapat membuat akar busuk.
  • Selalu memastikan bahwa media tanam tidak terdapat kutu atau binatang dan selalu membersihkan dari tanaman liar.
  • Apabila daun sudah terlihat adanya penyakit, lebih baik langsung dipotong agar tidak menularkan daun lain yang masih sehat.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, kita harus memastikan jiwa kita pun sehat. Kesehatan jiwa dan raga tidak hanya didapatkan dari asupan makanan tapi tanaman disekitar kita pun dapat meningkatkan kesehatan jiwa dan raga kita.

Published by nikensmartini

I am just a girl who loves all beauty stuffs and traveling. And I am really addicted to a hot cappuccino.

2 thoughts on “Membersihkan Udara dengan Sansevieria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: