Syngonium Wendlandii Schott- Tanaman Pemberian

Cerita tentang keberadaan Syngonium Wendlandii Schott di rumah saya sungguh menarik. Karena, saya tidak pernah membeli tanaman ini bahkan saya pun tidak pernah berpikiran untuk merawatnya. Saya lebih suka tanaman yang memiliki daun beraneka warna, seperti pink, merah atau putih. Tapi cerita itu berubah ketika kehadiran tanaman berbentuk panah berwarna hijau ini.

Tanaman ini tiba-tiba berada di suatu corner selama berhari-hari tanpa ada pemiliknya. Tanaman terbungkus rapih dengan media tanam dan paper bag kecil layaknya kemasan pembelian online. Hari demi hari saya lihat tanaman itu tetap berada ditempat yang sama. Dan tiba-tiba ada seorang pria menghampiri saya dan menurut dia tanaman ini milik saya. Saya kaget dan heran karena saya tidak merasa membeli tanaman berwarna dominan hijau ini dan saya tidak tergerak untuk mengambilnya. Beberapa hari kemudian, tanaman itu masih berada ditempat yang sama.

Syngonium Wendlandii Schott kita baru sampai di apartment saya

Lagi-lagi pria yang sama pun menghampiri saya dan dia tetap yakin bahwa tanaman ini milik saya. Dia akan menanam tanaman ini kalau tidak ada yang mengambilnya karena daunnya sudah mulai layu. Lalu, saya mulai terenyuh melihat tanaman ini dan saya memutuskan untuk merawatnya agar jangan sampai sakit, stress atau mati.

Syngonium Wendlandii Schott

Tanaman apa sih ini sebenarnya? Tanaman ini bernama Syngonium Wendlandii Schott atau ada yang menyebutkan bahwa tanaman ini adalah Keladi Tikus. Ini adalah sejenis tanaman talas dan tingginya bisa mencapai 25 – 30 cm. Menurut saya tidak begitu tinggi apabila diletakkan di balkon apartment. Tanaman ini termasuk tumbuhan semak sehingga lebih menyukai tempat yang lembab dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Tanaman ini juga termasuk tanaman merambat.

Bentuk daunnya menurut saya sangat unik. First impression saya adalah daunnya berbentuk panah dengan ujung runcing. Dapat juga dikatakan bentuknya seperti jantung. Warna daunnya pun berwarna hijau segar atau dapat dikatakan hijau sehat.

Saya meletakkan tanaman ini di pojokkan teras, dimana matahari tidak langsung menyorot tapi tetap terkena sinar matahari.

Perawatan Syngonium Wendlandii Schott

Perkembangan Syngonium Wendlandii Schott

Perawatan Syngonium Wendlandii Schott ini pun pelan-pelan saya pelajari dengan bertanya dengan teman-teman sampai dengan browsing di Internet. Berikut beberapa point yang sudah saya rangkum dan bisa diaplikasikan dalam merawat jenis tanaman ini.

  • Tempatkan tanaman di tempat yang agak teduh dengan cahaya matahari yang tersebar. Mereka tidak menyukai warna cerah sinar matahari. Tapi, challenge-nya penempatannya harus pas karena kalau mereka mendapatkan pencahayaan yang kurang baik, maka ukuran daunnya akan menjadi kecil dan tidak menarik. Jendela Timur dan Barat dapat menjadi pilihan dalam memilih penempatan tanaman.
  • Kelembapan tetap harus dijaga pada tanaman Syngonium Wendlandii Schott ini. Apabila peletakkannya adalah didalam ruangan maka lebih baik setiap sebulan sekali diberikan cahaya hangat untuk menjaga kesegaran dan keindahan daun.
  • Penyiraman harus dilakukan dengan jumlah air yang banyak, terutama apabila lokasinya di daerah tropis. Saya biasanya menyiram sehari sekali karena lapisan atas media tanam lebih cepat kering dibandingkan lapisan bawahnya. Dan penyiraman biasanya saya lakukan dengan cara menyiram media tanamnya secara merata dan menuju ke batangnya.
  • Media tanam yang digunakan lebih baik merupakan campuran tanah, gambut dan pasir yang gembur dan bergizi. Jujur, saya tidak tahu campuran media tanam tanaman ini jadi saya memberikan gizi yang maksimal dari pupuk dan vitamin. Sesungguhnya, di musim semi dan musim panas, tanaman membutuhkan pupuk mineral dengan kandungan kalsium rendah dengan durasi pemberian 2 – 3 minggu sekali. Kalau saya memberikan campuran vetsin dan air seminggu sekali dan vitamin B1 seminggu sekali juga.
  • Tanaman Syngonium Wendlandii Schott tidak mekar apabila diletakkan di dalam ruangan. Beda hal-nya apabila diletakkan diluar ruangan, dimana tanaman ini akan mekar, mudah bertumbuh tunas hingga mencapai pembungaan.
Lokasi penempatan Syngonium Wendlandii Schott

Bagaimana nasib Syngonium Wendlandii Schott saya?

Alhamdulillah dengan usaha dan belajar tentang cara merawat tanaman, Syngonium Wendlandii Schott saya mengalami perkembangan yang cukup pesat. Berawal dari hanya 4 daun, sekarang sudah jauh lebih banyak dan tunas baru pun bermunculan setiap minggunya. Hal ini yang paling saya suka yaitu menyelamatkan tanaman hingga berkembang sehat.

Published by nikensmartini

I am just a girl who loves all beauty stuffs and traveling. And I am really addicted to a hot cappuccino.

One thought on “Syngonium Wendlandii Schott- Tanaman Pemberian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: