Skip to content

Perjuangan Merawat Sirih Silver

Tidak mudah ternyata bagi saya untuk merawat tanaman Sirih Silver atau Scindapsus pictus ‘exotica’ ini. Daunnya selalu melengkung yang infonya kalau melengkung itu kekurangan air, tapi saya selalu menyiramnya sesuai dengan kondisi media tanam. Saya pindahkan ke media air dan berakhir saya pindahkan kembali ke media tanah. Apakah berhasil?

Apa sih sebenarnya Scindapsus Pictus ‘Exotica’ ini?

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari plantcircle.co, Scindapsus Pictus ‘Exotica’ atau Satin Photos adalah bagian dari keluarga Aracae didalam marga Scindapsus dan merupakan tanaman yang sangat kuat. Bentuk daun dari Scindapsus Pictus ‘Exotica’ memiliki ukuran yang lebih besar daripada saudara-saudaranya dengan tanda silver yang sangat banyak. Jenis tanaman ini adalah spesies tanaman asli daerah hangat dan lembab, seperti Sumatra, Sulawesi, Filipina, Bangladesh, Thailand, Peninsular Malaysia, Borneo dan Jawa.

Ini adalah jenis tanaman merambat dan bisa di-design sebagai tanaman gantung. Wah pasti bagus sekali kalau diletakkan didepan pintu utama, seperti menyambut setiap tamu yang datang. Dan tanaman ini dapat menjadi pembersih udara yang bagus. Nah, ini yang saya cari. Pembersih udara alami.

Panjang tanaman ini dapat mencapai 25 – 40 cm dan dapat diletakkan di pot dengan ukuran 15 cm. Menurut saya, jenis tanaman ini merupakan tanaman yang pas untuk dirawat di apartemen atau rumah dengan ukuran yang tidak cukup luas.

Apa yang terjadi dengan Scindapsus Pictus ‘Exotica’ yang saya miliki?

Kondisi Scindapsus Pictus ‘Exotica’ Ketika Tiba di Apartemen Saya

Saya membeli tanaman ini melalui toko online langganan saya. Biasanya, tanaman tiba ditempat saya dengan kondisi yang baik dan media tanam yang masih tertata dengan rapih. Dan saya selalu memilih ekspedisi ‘same day service‘ untuk menjaga agar kondisi tanaman tetap sehat dan tidak stress.

Namun, ini tidak terjadi ketika Scindapsus Pictus ‘Exotica’ tiba ditempat saya. Media tanamnya sudah berantakan dan tidak penuh didalam pot. Batang tanamannya pun sudah tidak jelas bentuknya sampai akar-akarnya pun keluar dari media tanam. Saya yakin tanaman ini pasti stress.

Lalu, apa yang saya lakukan?

Penanaman Ulang Scindapsus Pictus ‘Exotica’

Hal pertama yang saya lakukan adalah menanam ulang. Saya keluarkan media tanam dan Scindapsus Pictus ‘Exotica’ dari pot. Saya memastikan bahwa ketika menanam ulang didalam 1 pot, seluruh akar berada dibawah media tanam. Posisi batang tanaman pun tegak agar tumbuh dengan sempurna. Dan tidak lupa saya menyemprotkan vitamin B1 untuk membantu mengurangi stress pada tanaman. Hasilnya PERFEKTO! Batangnya pun tegak dan daun-daunnya pun perlahan melebar dengan gagahnya.

Setelah melewati 2 minggu, saya memiliki ide untuk repotting tanaman ini ke pot yang lebih besar. Karena saya berpikir pot yang digunakan saat itu kurang besar dan akan lebih leluasa untuk mereka apabila diletakkan di pot yang lebih besar. Tapi, ternyata langkah yang saya pilih itu SALAH! Daunnya melungker tidak sesegar sebelumnya. Memang, pot yang saya gunakan untuk repotting berbeda dengan pot yang digunakan sebelumnya. Mungkin ini salah satu penyebabnya.

Sedih rasanya melihat 3 daun melungker. Saya mencari tahu tanda tanaman Scindapsus Pictus ‘Exotica’ kekurangan air adalah daunnya melungker. Jadi saya mengambil kesimpulan bahwa tanaman saya ini kekurangan air. Dan memang daun yang melungker hanya tinggal 1 ketika saya menyiram air dengan kuantitas yang cukup banyak ketika media tanam sudah mengering. Tapi, 1 daun itu tetap melungker.

Anehnya, meskipun daunnya melungker, tanaman ini mengeluarkan tunas-tunas baru yang tandanya tanaman ini sebenarnya dalam kondisi sehat. Lalu, aku memiliki ide yang lain yaitu dengan memotong antara ruas batang daun yang melungker tadi dan meletakkannya didalam media air. Saya berharap daunnya akan kembali sehat. Tapi, it is another FAIL STEP! Daunnya tetap melungker dan warnanya semakin pucat.

OK, akhirnya aku memindahkannya ke media tanam dan melakukan repotting lagi. Semoga berhasil ya kali ini.

Scindapsus Pictus ‘Exotica’ Penanaman Kedua

Cara merawat Scindapsus Pictus ‘Exotica’

Cara-cara ini masih saya dapatkan dari sumber yang sama dan saya akan berusaha untuk mengikutinya agar tanaman ini dapat bertumbuh dengan sempurna.

  • Cahaya : Bright indirect sunlight dan tanaman ini dapat hidup pada cahaya yang redup.
  • Tanah : Campuran pot yang dikeringkan dengan baik.
  • Penyiraman : Apabila 3 cm dibawah permukaan tanah sudah kering, baru kita bisa untuk menyiram tanaman. Jadi, dibiasakan untuk mengecek kondisi media tanam dengan jari kita sebelum kita menyiram.
  • Racun : Tanaman ini beracun apabila tertelan manusia dan hewan.

Hikmah dari merawat Scindapsus Pictus ‘Exotica’

Meskipun rumit dan penuh tantangan, saya sangat suka merawat Scindapsus Pictus ‘Exotica’ alias Sirih Silver alias Satin Pothos. Karena, saya melihat kondisi tanaman yang berantakan dari awal dan saya ingin sekali membuat tanaman ini dapat tumbuh dengan indahnya di apartemen saya dengan warna-warna yang indah. Apabila dari teman-teman ada tips untuk merawat jenis tanaman ini, please let me know ya …..

Thank you for reading.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

<span>%d</span> bloggers like this: